Kamis, 07 Juni 2012

FOTOTROPI


LAPORAN TETAP
FISIOLOGI TUMBUHAN
FOTOTROPI









Oleh:
Mashal        : 15.1.105.021
Kelas          : IVA


JURUSAN PENDIDIKAN IPA BIOLOGI
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
2012
KATA PENGANTAR

Segala puji dan puncak kekaguman serta keagungan hanya semata tertuju kepada Allah SWT. Dialah yang telah menganugrahkan ilmu pengetahuan kepada kita sekalian melalui perantara Nabi-Nya. Serta Dialah yang telah memberikan kami kesehatan dan kesempatan sehingga pentulis dapat menyelesaikan laporan tetap fisiologi tumbuhan ini tepat pada waktunya. Dan untuk kedua kalinya tak lupa pula kami haturkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Yang telah di tunjuk oleh Allah SWT. Sebagai Nabi dan Rasul yang di utus oleh Allah SWT kepada kita dalam rangka mengajarkan ilmu-Nya.
Di dalam laporan tetap fisiologi tumbuhan ini penulis buat sesuai dengan hasil praktikum yang telah di laksanakan, yaitu membahas tentang mata kulyah fisiologi tumbuhan khususnya tentang proses transpirasi.
Ucapan terimakasih penulis ucapkan kepda kakak-kakak coass. Yang telah membimbing kami selama di dalam praktikum fisiologi tumbuhan ini. Tanpa bimbingan serta kerjasama kakak-kakak coass, kami yakin praktikum tidak akan berjalan dengan lancar.
Penulis menyadari bahwa kami adalah manusia biasa yang selalu salah dan lupa. Tentunya di dalam laporan tetap ini terselip banyak kesalahan yang dikarenakan kurangnya pengetahua dan pengalaman penulis, maka penulis mengharapkan keritik dan saranya yang bersifat membangun demi kesempurnaannya laporan ini. Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca umumnya. Amin.
Mataram, 2012




Penulis

HALAMAN PENGESAHAN



Laporan Tetap Fisiologi Tumbuhan Ini Disusun Untuk Memenuhi Syarat Dalam Mengikuti Perkuliyahan Pada Mata Kuliyah Fisiologi Tumbuhan.




Mataram,         04                    2012



Disahkan oleh :





Co. Ass



Nurul Ahyani
Nim: 151.095.065
 
Asisten



Yuliatin, S. Pd. I

 
                                               
                                     









DAFTAR ISI

HALAMA SAMPUL
KATA PENGANTAR.........................................................................        i
HALAMAN PENGESAHAN..............................................................        ii
DAFTAR ISI.........................................................................................        iii
A.    PELAKSANAAN...........................................................................        1
B.     PEMBAHASAN
a.       Landasan teori.............................................................................        1
b.      Alat dan Bahan...........................................................................        3
c.       Cara Kerja...................................................................................        5
d.      Hasil pengamatan........................................................................        5
e.       Pembahasan.................................................................................        11
C.    PENUTUP
a.       Kesimpulan..................................................................................        14
b.      Kritik dan saran...........................................................................        14
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
ACARA III
FOTOTROPI

A.    PELAKSANAAN
Hari/Tanggal         : Jum’at, 13 April 2012
Tempat                  : Laboratorium Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram.
Waktu                   : 07.30- Selesai.
Tujuan                   : Untuk mengetahui arah tumbuh tanaman yang dipengaruhu oleh cahaya matahari.
A.    PEMBAHASAN
a.      Landasan Teori.
Tropisme adalah gerakan tumbuh yang diakibatkan seluruhnya oleh pasangan eksternal. Rangsangan yang menghasilkan respon tropik jelas dapat diketahui dan peran spesifik dari faktor tumbuh dapat diketahui (Heddy, S. 1986). Kaau geraknya mendekati sumber rangsang disebut tropi positif, dan kalau menjauhi disbut tropi negatif Prawirohartono, S. 1991)
Tropisme dapat dibedakan berdasarkan pada rangsangannya yaitu fototropisme disebabkan oleh cahaya; geotropisme dengan rangsangan gaya tarik bumi; thigmo tropisme dengan rangsangan berupa sentuhan; chemotropisme dengan rangsangan yang berupa zat kimia dan lain-lain.
Respon tropisme bisa positif bisa negatif. Resapon positif jika bagian tumbuhan tumbuh kearah yang berlawanan. Respon negatif jika bagian tumbuhan tumbuh kearah yang berlawanan dari datangnya rangsangan (Heddy, S. 1986).
Contoh fototropi; ujung batang membengkok menuju ke cahaya. Hal ini dapat keta saksikan pada tanaman pot yang kita tempatkan dekat jendela atau dibawah tuturan, dimana cahaya hanya batang satu fihak (Dwijoseputro 1984)
Setiap makhluk hidup (organisme) mampu menerima dan menanggapi rangsangan yang disebut Iritabilitas. Salah satu bentuk tanggapan yang umum dilakukan berupa gerak. Gerak adalah perubahan posisi tubuh atau perpindahan yang meliputi seluruh atau sebagian dari tubuh sebagai respon yang diberikan terhadap rangsangan dari lingkungan dan akibat adanya pertumbuhan. Gerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan hidupnya.
Gerak yang terjadi pada tumbuhan berbeda dengan gerak yang dilakukan oleh hewan dan manusia. Gerak pada tumbuhan itu bersifat pasif, yaitu tidak memerlukan adanya perpindahan tempat (tetap berada di tempat tumbuhnya). Gerak dapat terjadi karena adanya pengaruh rangsangan (stimulus). Rangsangan yang mempengaruhi terjadinya suatu gerak pada tumbuhan, antara lain: cahaya, air, sentuhan, suhu, gravitasi dan zat kimia. (http://mediabelajar.ueuo.com/?page_id=15)
Gerak esionom Merupakan reaksi gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar. Berdasarkan hubungan antara arah respon gerakan dengan asal rangsangan, gerak etionom dapat dibedakan menjadi gerak taksis, tropisme, dan nasti. Jika yang bergerak hanya bagian dari tumbuhan maka disebut gerak tropisme. Jika yang bergerak seluruh bagian tumbuhan maka disebut gerak taksis. Jika gerakan itu tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan disebut gerak nasti. yaitu gerak yang dipengaruhi rangsang dari luar.

b.      Alat dan Bahan
Ø  Alat
a)      Gelas aqua kosong.
b)       Kapas.
c)      Air
Ø  Bahan
a)      Biji vigna radiate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar